PMA menguasai investasi yogyakarta

Maret 29, 2010 pukul 6:33 pm | Ditulis dalam Manajemen diri | Tinggalkan komentar
Tag: ,

YOGYAKARTA, RABU –  Pascagempa iklim investasi di DI Yogyakarta terus membaik. Tahun lalu investasi yang masuk didominasi Penanaman Modal Asing atau PMA senilai 13,88 juta dollar Amerika, sementara Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN senilai Rp 61,04 miliar.

Awal tahun 2008 sudah ada investasi yang masuk dari PMA senilai 400.000 dollar Amerika untuk bidang industri pakaian jadi dan tekstil. ¨Kami yakin minat investor akan terus meningkat karena pemulihan pascagempa tergolongan cepat,¨ kata Kepala Sub Bidang Peningkatan Potensi Investasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY, Sugeng Purwanto, Rabu (20/2).

Dalam beberapa tahun terakhir, investasi yang masuk ke DIY didominasi oleh PMA. Mereka biasanya bekerjasama dengan para pengusaha lokal untuk membangun usaha tertentu. Ada juga yang PMDN tetapi jumlahnya tidak terlalu banyak. Ke depan PMA kemungkinan masih terus mendominasi mengingat sumber dana mereka cukup besar, katanya.

Menurut Sugeng, nilai investasi yang masuk pada tahun 2007 lebih tinggi dari 2006. Sebagian besar investasi tersebut di bidang usaha furnitur dan perdagangan. Tahun 2006 banyak investor yang masih ragu. Mereka cenderung menunggu sampai rekonstruksi pascagempa membaik dan iklim ekonomi kembali menggeliat, katanya.

Setiap investasi yang masuk harus mengurus izin dari pusat hingga ke pemerintah daerah. Sejak otonomi daerah Pemprov tidak memiliki wewenang apa-apa dalam hal penerbitan surat izin. Kami hanya mendata saja para investor yang masuk ke DIY. Izin diurus di pusat dan pemerintah daerah masing-masing. Karena tidak memiliki wewenang apa-apa, kami juga tidak dibebani target investasi, katanya.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: