KOMUNIKASI LANGSUNG

Komunikasi langsung

Dalam komunikasi, yang paling utama dijumpai adalah komunikasi antar pribadi, dimana dalam hal ini terjadi perselisihan pesan-pesan verbal dalam bentuk kata-kata (verbal). Yang pasti bahwa unsure-unsur terpenting dalam komunikasi tercakup didalam nya yaitu sumber, saluran, pesan, penerima, dan kerangka rujukan.

Cara berkomunikasi langsung yang sangat mendukung diantaranya :

  1. Kemampuan melakukan pendekatan

Ini merupakan salah satu kemampuan anda melakukan pendekatan pribadi sehingga seseorang merasa tertarik dan suka terhadap anda, dan kemudian mengambil manfaat dan keuntungan dengan hal tersebut.

Dalam melakukan pendekatan memang sangat dibutuhkan keberanian, motifasi dan kelincahan anda dan tentunya harus didukung oleh kemampuan anda dalam berkomunikasi.

  1. Kemampuan mempengaruhi imajinasi seseorang

Kemampuan ini dimaksudkan untuk memotivasi dan mendorong seseorang untuk menggunakan produk serta informasi yang anda sampaikan, serta seseorang tersebut akan tetap yakin dan percaya kepada anda.

  1. Kemampuan mesarakan emosi seseorang

Adalah kemampuan untuk menghayati rasa serta isi hati seseorang, contohnya :

  1. Mengagumi kemajuan usaha maupun kegiatan seseorang.
  2. Merasa ikut prihatin dengan apa yang dialami seseorang.
  3. Dan merasa ikut berbangga akan keberhasilan yang seseorang capai.
  1. Kemampuan mengajukan pertanyaan

Adalah kemampuan anda untuk mengajukan pertanyaan kepada orang lain yang benar-benar pas sesuai pokok pembicaraan.

Apabila anda mampu melaksanakan hal demikian, maka komunikasi anda akan menjadi nyambung dan mendapatkan respon yang positif dari lawan bicara anda.

  1. Kemampuan mengulas permasalahan

Adalah kemampuan yang harus anda miliki sebagai seseorang yang akan memberikan informasi dan mampu untuk menimpulkan apa yang dikehendaki lawan bicara anda.

  1. Kemampuan memberikan informasi

Adalah kemampuan yang anda perlukan untuk memberikan informasi tentang produk dan layanan yang anda jual atau tawarkan dan juga mungkin menginformasikan bagaimana pelayanan, kelebihan dan sebagainya yang umumnya berkisar pada pokok permasalahan dari suatu pembahasan :

  1. Produk dan jasa
  2. Pelayanan
  3. Keuntungan yang akan diperoleh
  4. Prosedur yang dibutuhkan
  5. Ketentuan-ketentuan yang dapat mengangkat citra anda.

Pedoman Komunikasi langsung

  1. Susunlah dengan baik pemikiran-pemikiran yang hendak disampaikan

Ketahui terlebih dahulu dengan pasti apa yang hendak anda sampaikan atau bicarakan :

  1. Definisikan sejelas-jelasnya permasalahan atau topic yang akan dibicarakan.
  2. Persiapkan garis-garis besar atau ringkasannya.
  3. Tetap tenang dan berpandangan objektif
  4. Menjelaskan secara singkat tujuan dari pertemuan
  5. Mengemukakan kesimpulan, saran pemecahan atau memberikan tindakan alternative.
  6. Mendengarkan responship, apakah lawan bicara anda memahami apa yang anda sampaikan
  7. Uraikan kembali bila lawan bicara anda belum memahami dengan apa yang anda maksudkan
  8. Pada saat menanggapi kekuatiran dan keberatan lawan anda, ulangilah kekuatiran terebut
  9. Mencari dasar kesepakatan dimana anda dan lawan anda sama-sama menyetujuinya
  10. Mencari jalan keluar atau rancangan tindakan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak
  11. Menyimpulkan setiap keputusan yang telah diambil dan pastikan bahwa anda dan lawan anda telah memahami dengan benar
  12. Menentukan pertemuan

Menentukan pertemuan dengan seseorang sangat menentukan keberhasilan anda, janganlah sekali-kali anda meminta diadakan pertemuan ketika :

  1. Pihak lain sedang bermuram durja
  2. Pihak lain baru saja mengakhiri suatu pertemuan yang sangat sulit
  3. Pihak lain sudah siap meninggalkan tempat
  4. Pihak lain sedang menangani proyek yang sangat penting
  5. Memilih waktu dan tempat dengan bijaksana

Menentukan waktu dan tempat sama seperti uraian point 2 diatas.

Ditambahkan dengan pemilihan lokasi atau tempat sesuai dengan situasi, contohnya dalam membicarakan hal-hal yang serius dan strategis sebaiknya dipilihlah tempat yang cocok jauh dari kebisingan dan keramaian.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: