KOMUNIKASI NON-VERBAL

Komunikasi Non-Verbal
Komunikasi Non-verbal adalah komunikasi langsung dengan menggunakan bahasa badan atau tubuh, atau mampu mengendalikan gerakan tubuh yang dapat merusak keharmonisan komunikasi.
Komunikasi Non-verbal acap kali digunakan untuk menggunakan perasaan dan emosi seseorang. Jika pesan yang diterima menggunakan system verbal tidak menunjukan kekuatan pesan, maka anda dapat menerima tanda-tanda non-verbal lainnya sebagai pendukung.
Komunikasi non-verbal seringkali disebut komunikasi tanpa kata, karena memang tidak menggunakan kata-kata.
Dalam kurun waktu yang sangat lama sebelum nya, orang menganggap bahwa paham komunikasi secara verbal itu sangat lebih baik, namun dalam kenyataan nya pandangan tersebut keliru, kenapa?
Setelah melihat perbedaan budaya antar pribadi maka kekuatan komunikasi ternyata tidak cukup sekedar mengirim atau mengalihkan pesan semata. Dukungan non-verbal mempunyai kemampuan untuk melengkapi kekurangan dalam komunikasi verbal.
Hasil riset dan pengamatan yang dilakukan oleh Gerald Graham, Jeanne Unruh, dan Pul Jennings, menunjukan dampak sebagai berikut :

1

1. Bentuk komunikasi Non-verbal
a. Pakaian dan kerapihan
Sebagai bahan pertimbangan dalam memilih pakaian adalah :
1. Citra ingin ditampilkan, karena pakaian adalah merupakan citra diri dan citra perusahaan (contoh : seragam pegawai, pramugari dan sebagainya).
2. Sikap kita terhadap orang lain, semakin hormat atau semakin formal kita kepada seseorang maka pakaian semakin rapid an semakin formal pula.
3. Kepantasan, sebagai contoh, apakah pantas bila anda pada siang hari dan berpergian anda menggunakan celana pendek atau anda memakai jas dan berdasi saat anda berkebun?
4. Kebersihan dan kerapihan, pakaian murah tetapi bersih akan terhormat dibandingkan dengan pakaian mahal tapi kotor dan kumal.
b. Kontak mata
Pandanglah mata seseorang sebagai tanda perhatian, namun janganlah sekali memandang terus-menerus lawan bicara anda, sekali-kali buanglah pandangan anda ketempat lain agar tidak menimbulkan kesan lawan bicara anda sedang dipelototin.
c. Penggunaan ruang
Ruangan seseorang dapat menggambarkan diri seseorang tersebut, contohnya, seperti ruang kerja yang cukup luas, pada ruangan kerja tersebut ada tempat duduk sofa empuk, dilengkapi dengan pendingin AC itu menunjukan bahwa seseorang tersebut adalah orang yang terpenting.
d. Simbol status
Semakin tinggi status seseorang maka semakin tampak ke-egoannya dalam berbagai hal, seperti halnya papan nama, kendaraan, meja kerja, ruangan bahkan pakaian.
e. Jabat tangan
Sikap berjabat tangan dapar memberkan makna yang bermacam-macam. Menurut pendapat Albert Mehrabain dalam buku nya Silent Messages, bahwa berjabat tangan dapat mengartikan arti hubungan.
f. Posisi dan postur tubuh
Posisi duduk seseorang dalam berhadapan dengan seseorang yang lebih tinggi jabatannya akan berbeda dengan saat kita berhadapan dengan rekan sesame kita atau dengan bawahan kita.
g. Menganggukan kepala
Menganggukan kepala berarti menandakan kesetujuan dan gelengan kepala tanda kita tidak setuju, akan tetapi orang Tamil mempunyai tanggapan dan arti yang sebaliknya.
h. Tidak tenang atau disengaja
Mengerjakan dua hal secara bersamaan, misalkan mendengarkan sambil membaca sesuatu, asik bermain-main dengan sesuatu benda diatas meja, menatap kearah jendela sambil melamun, sebentar-bentar melihat arloji atau jam tangan.
2. Menyadari pentingnya isyarat non-verbal
Isyarat non-verbal sangat penting dalam anda berkomunikasi, karena dalam bermasyarakat atau bersosialisasi sering hal ini menjadi tolak ukur kepribadian seseorang.
3. Tingkatkan kontak mata
Umumnya para manajer atau atasan menghindari kontak mata jika ada penyampaian berita yang sensitive seperti misalnya manajer berbicara sambil menulis, akan mengurangi rasa percaya si penerima pesan.
Anda tentunya akan merasa kecewa apabila diminta mempresentasikan dihadapan atasan anda, tetapi atasan anda mendengarkan anda tanpa memandang anda dengan seksama.
4. Tersenyum secara tepat
Senyum terkadang mengandung arti dan makna yang berbeda, gunakanlah senyum anda pada saat yang tepat :
a. Senyum untuk bertita gembira
b. Wajah serius untuk peringatan
c. Sendu untuk berita duka
5. Hindari ekspresi kosong
Ekspresi kosong biasanya ditunjukan oleh para pemain pocker untuk menutupi kondisi kartunya, atau sering disebut juga wajah dingin.
Apabila suatu saat anda berwajah dingin dalam menghadapi orang lain, pastilah anda dikira menyimpan sesuatu maksud, demikian pula halnya bila tercengung dan tidak konsentrasi pada pembicaraan orang lain. Untuk menghindari salah paham sebaiknya hal-hal seperti itu dikemukakan dan jangan disembunyikan. Setidaknya katakana pada lawan bicara anda, bahwa anda sedang menghadapi suatu masalah.
6. Membaca bahasa tubuh
Bahasa tubuh sangat banyak ditemui dan diartikan maksud dari penyampaian maksud seorang pemberi pesan, contoh bahasa tubuh yang ditemui :
a. Menilangkan tangan atau kaki = sikap bertahan
b. Diam tak bergerak = merasa ingin diperhatikan
c. Duduk dimajukan = ada perhatian yang serius
d. Kepala mengangguk = ada perhatian dan menendakan setuju
e. Tangan dilipat = membela diri
f. Tangan dimeja = siap berbicara dan berdebat
7. Komunikasi Non-verbal bahasa tulis
a. Pilihan kata
Penggunaan kata ganti orang kedua sepeti li, kamu, pak atau bapak, anda, ini semua akan mengandung arti dan maksud tertentu.
b. Jenis kertas dan penampilan luar
Ada beberapa jenis kerta dan jenis surat resmi dari suatu instansi yang mempunyai arti berbeda dan mempunyai sikap yang berbeda pula.
c. Warna tinta
Warna hitam = umum
Warna merah = menandakan marah
Warna biru = informal

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: