MENANGANI SESEORANG

Menangani seseorang yang genit

Kelompok ini biasanya romantic, melankolik, pandai berpura-pura, bahwa dirinya merasa selalu kesepian. Ia tidak segan mendiskreditkan pasangan hidupnya, mereka seakan-akan tidak memperoleh kebahagiaan. Biasanya gaya seperti ini acap kali disebut gaya klimis dan ingin menarik perhatian orang-orang disekelilingnya. Jika memiliki suatu keinginan ia sanggup berkorban dan berbuat apa saja demi memenuhi obsesinya.

Sikap anda :

Jika mereka mengajak anda main bersama, janganlah anda menolaknya, tetapi janganlah menuruti secara gegabah. Angkat mental mereka dan pujilah dengan halus. Jika perlu anda mengikuti kemauannya berkreasi. Dekati keluarganya, janganlah sekali-kali melukai perasaannya.

Menangani seseorang yang sombong

Seseorang dengan tipe seperti ini selalu membanggakan kelebihannya, seperti kekayaan, kemajuan, ketampanan, kesukesan, kesupelan dan kehebatannya dalam bergaul dikalangan tertentu.

Sikap anda :

Pujilah mereka, sering-seringlah bertanya mengenai segala sesuatu yang dibanggakannya. Tunjukan bahwa anda kagum kepadanya, jangan lah sesekali anda mendiamkannya, mereka lebih membutuhkan rasa akrab ketimbang rasa hormat. Karena itulah anda harus merasa akrab dengan mereka, becanda, menerima ajakan mereka, tantang mereka dengan penuh kagum kehebatannya.

Menangani seseorang yang cerewet

Kelompok sifat ini biasanya sangat pelit, suka mencari kesalahan dan mengeluh dengan sesuatu hal, dan biasanya mereka memiliki berbagai macam tuntutan.

Sikap anda :

Berempatilah, jangan melukai hatinya. Buang rasa emosi anda, tetapi tunjukan segala sesuatu dengan logika dan perhitungan. Karena itu anda harus lebih bersiap menerima kritikannya. Janganlah sesekali anda melawan dan membantahnya, justru mencoba memujinya bahwa mereka amat setia dan teliti. Kalua mereka menyeranga anda terus dengan kritikannya, jawablah dengan perhitungan rumus-rumus yang dapat meyakinkannya, dan tidak kalah penting jagalah harga diri mereka.

Menangani seseorang panic

Seseorang yang memiliki tipe ini biasanya napasnya tersenggal-senggal dan mengalami kesulitan yang tidak dapat diatasinya sendiri.

Sikap anda :

Tenangkanlah mereka, kalau perlu ajak mereka ketempat dengan suasana yang nyaman dan buatlah mereka merasa santai dan rileks. Tanyakanlah apa kesulitannya, usahakan anda mampu memberika pemecahan dari masalahnya

Menangani seseorang yang pamer kekayaan

Tipe ini merupakan salah satu tipe orang sombong, suka meremehkan keberhasilannya, kekayaan dan kehebatan lainnya.

Sikap anda :

Jadikanlah mereka sasaran yang cocok bagi partner bisnis anda, dalam arti menjebak mereka agar menjadi peselancar tujuan dan maksud anda.

Menangani seseorang yang curang

Mungkin diantara teman dan mitra anda ada yang melakukan kecurangan, dengan menghalalkan segala cara, atau berpura-pura sudah melakukan kewajibannya.

Sikap anda :

Simpanlah rasa kecewa anda, buktikanlah kecurangannya dengan fakta dan data. Jangan hancurkan ego dan harga dirinya, berpura-pura tidak menahu dengan apa yang dilakukannya, namun catatlah secara khusus kecurangan mereka tersebut. Jikalau terlalu seringa melakukan kecurangan anda sampaikan isi catatan anda bahwa kecurangan tersebut tidak boleh terjadi lagi.

Menangani seseorang yang pemalu

Sikapnya seperti tidak percaya diri, takut-takut dan merasa rendah diri.

Sikap anda :

Tuntunlah mereka dan berikan mereka perhatian khusus, ajarkan mereka bagaimana menempuh prosedur yang sewajarnya dan berikan mereka dorongan agar mereka lebih berani dan percaya diri.

Menangani seseorang yang low profile

Mereka yang memiliki karakter seperti ini bukanlah pemalu dan juga tidak rendah diri, bahkan mereka mungkin sangat percaya diri, hanya mereka merasa rendah hati. Tipe ini tidak memamerkan akan kelebihannya.

Sikap anda :

Lebih berhati-hati, janganlah anda terlalu memujinya, karena mereka tidak gila pujian. Tetapi bersikaplah lebih bersahabat dan agak formil.

Menangani seseorang yang serba takut

Mereka ini boleh dikatakan rendah diri, mungkin karena masih merasa asing dengan anda.

Sikap anda :

Sambutlah mereka dengan ramah dan optimis padanya. Ajukanlah pertanyaan tertutup dan pancing agar cerita dan lebih terbuka. Usahakan agar anda lebih tahu tentang dirinya.

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: